Permasalahan sampah adalah  permasalahan nasional bahkan Universal, yang hingga sampai saat ini masih sangat sulit untuk di kendalikan. Pengelolaan sampah memiliki tujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan di Desa Losari.  Terkait dengan masalah tersebut Harwanto selaku Kepala Desa Losari memiliki terobosan dalam melakukan penanganan sampah, secara bertahap mulai dari tempat umum yang mengahasilkan banyak sampah seperti Pasar, dan di lanjutkan pengelolaan sampah di lingkungan masyarakarat.   

Sunarko, selaku kepala Unit Pengelolaan Sampah Pasar Manis Desa Losari menjelaskan bahwa dalam penanganan sampah Pasar Manis di lakukan dengan beberapa cara seperti :

1. sampah akan di bersihkan setiap seleseai kegiatan di pasar

2. pengangkutan sampah menggunakan Motor Roda 3

3. tempat pembuangan sampah di fokuskan di tanah Desa yang tidak produktif

4. Pasar Manis Desa Losari Juga sudah di tambahkan lampu penerangan agar penjual dan pembeli yang datang lebih pagi tidak kesulitan dalam melakukan jual beli.

Dengan adanya pengelolaan sampah, Harwanto selaku Kepala Desa Losari berharap supaya masyarakat ikut berpartisipasi dan memiliki kesadaran serta kepedulian  yang lebih terhadap kebersihan lingkungan, karena tanpa adanya dukungan dari seluruh elemen masyarakat Program penanganan pengelolaan sampah tidak dapat berjalan dengan maksimal.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *