LOSARI-Pemicuan CLTS dilakukan di Dusun Balong Desa Losari Pada hari rabu,24 Maret 20121 dengan tujuan agar masyarakat dapat lebih memahami dan peduli akan pentingnya hidup sehat,salah satunya dengan melakukan kegiatan pemicuan CLTS dengan stop BABS.

Pemicuan adalah metode untuk mendorong masyarakat agar terdorong melakukan perubahan peilaku.Metode ini umum diterapkan dalam program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) salah satunya pilar pertama yaitu stop BABS.masyarakat sangat antusias dan ikut berpartisipasi dalam sosialisasi ini.

Proses fasilitasi CLTS di masyarakat pada prinsipnya adalah pemicuan terhadap rasa jijik,rasa malu,rasa takut sakit,rasa berdosa,rasa tanggung jawab yang berkaitan dengan kebiasaan buang air besar di sembarang tempat dan pihak puskesmas memberikan himbuan agar kebiasaan tersebut perlahan dihilangkan agar tercipnya masyarakat dengan merubah perilaku dari hidup yang tidak sehat menjadi sehat.

petugas juga memberikan penjelasan berapa banyak volume tinja yang mereka buang. juga bahaya bakteri ecoli yang ada dalam tinja bagi kesehatan manusia harapannya masyarakat dapat merubah perilaku untuk tidak buang air besar sembarangan agar dapat menciptakan perilaku hidup sehat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *